Dampak Dari Media Sosial

Di era globalisasi seperti ini banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam hal berkomunikasi. Sesuai dengan berkembangnya teknologi cara manusia berkomunikasipun mengalami perubahan yang sangat pesat. Contohnya adalah media sosial, media sosial merupakan sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sosial network atau jejaring sosial merupakan media yang paling umum dan popular di kalangan masyarakat seluruh dunia, karena jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang dapat membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial yang terpopuler antara lain Facebook dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Selain itu media sosial juga dijadikan sebagi identitas seseorang. Maksudnya seseorang menggambarkan dirinya melalui media sosial. Meskipun tidak semua orang menggunakan media sosial sebagai identitas diri, akan tetapi sebagian besar seseorang menggunakan media ini. Melalui media sosial identitas diri dapat terbentuk lewat status, informasi, foto maupun koment yang disampaikan.

Media sosial memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif media sosial adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial. Dengan ini maka akan dapat membuat seseorang beradaptasi, bersosialisasi dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.
  2. Memperluas jaringan pertemanan. Media sosial dapat menghubungkan atau mencari teman berbeda kota, propinsi maupun Negara.
  3. Memberikan motivasi untuk belajar mengembangkan diri. Dengan media sosial, seseorang akan berusaha untuk menggambarkan dirinya dengan sering mengupload foto, video maupun menulis status.
  4. Membuat seseorang bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka yang berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
  5. Sebagai media penyebaran informasi. Dimana informasi yang up to date dapat dengan mudah dan cepat menyebar.
  6. Sebagai media promosi dalam bisnis. Bisnis juga dapat dilakukan melalui media sosial. Sekarang mulai banyak bermunculan orang yang menggunakan media sosial sebagai online shop.

Sedangkan selain dampak positif, jejaring sosial juga memiliki dampak negatif. Berikut adalah dampak negatif dari jejaring sosial:

  1. Kejahatan dunia maya. Semakin majunya internet membuat orang melakukan kejahatan-kajahatan di dunia maya. Kejahatan dalam internet disebut dengan cyber crime.
  2. Menurunnya simpati dan empati seseorang pada dunia nyata. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.
  3. Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.
  4. Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini sehingga dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.
  5. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer.
  6. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesamanya.

 

Sumber :

ü  http://pertekomkita.wordpress.com/tugas-kelompok/

 

About these ads
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 764 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: