Gerak Pada Tumbuhan

  1. 1.       Gerak Nasti

Nastiadalahgeraktumbuhan yang arahnyatidakdipengaruhioleharahdatangnyarangsangan, tetapiditentukanolehtumbuhanitusendiri.Geraknastidipengaruhiolehrangsangannamunarahnyatidakdipengaruhioleharahdatangnyarangsangan.Kata nastiberasaldaribahasaYunani, yaitunastos yang berartidipaksamendekat.Olehkarenaitu, arahgerakdaribagiantubuhtumbuhan yang melakukangeraknastiditentukanolehtumbuhanitusendiri.

Contoh:

Menutupnya daun putri malu dan tumbuhan Venus karena sentuhan

Menutupnya daun-daun majemuk pada tanaman polong-polongan saat malam hari

Membuka dan menutupnya bunga pukul empat

Membukasertamenutupnya stomata

Ditinjaudarimacamsumberrangsangannya, geraknastidibedakanmenjadi: Fotonasti, Niktinasti, Tigmonasti, Termonasti, Haptonasti, NastiKompleks

  1. Fotonasti

Fotonastiadalahgeraknastipadatumbuhan yang disebabkanolehrangsangancahayamatahari.Misalnya Bunga pukul sembilan yang mekar sekitar pukul sembilan.Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yang akan mekar pada sore hari dan menutup esok paginya. Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yang akan mekar pada sore hari dan menutup esok paginya.

 

  1. Niktinasi

Niktinasi (nyktos = malam) merupakangeraknasti yang disebabkanolehsuasanagelap, sehinggadisebutjugageraktidur. Misalnya, padamalamharidaun-dauntumbuhanLeguminosaeataupolong-polongan (Leguminosaceae) sepertibungamerak (Caesalpiniapulcherrima) dandaunkupu-kupu (Bauhinia purpurea) akanmenutupdanakanmembukakeesokanharinyaketikamatahariterbit. Daun-dauntersebutakanmembukakembalipadapagihari. Selaindisebabkanolehsuasanagelap, gerak “tidur” daun-dauntersebutdapatterjadiakibatperubahantekanan turgordi dalampersendiandaun.Istilah niktinasti berasal dari bahasa Yunani, nux yang berarti malam.

 

  1. Tigmonasti atau Seismonasti

Tigmonasti / seismonasti adalah gerakan nasti yang disebabkan oleh rangsang sentuhan atau getaran. Istilah tigmonasti berasal dari bahasa Yunani, yaitu thigma yang berarti sentuhan. Gerak tigmonasti disebut juga dengan seismonasti. Contoh gerak menutupnya daun sikejut atau putrid malu (Mimosa pudica), jika disentuh. Jika hanya satu anak daun dirangsang dengan sentuhan, rangsangan itu diteruskan ke seluruh tumbuhan sehingga anak daun lain ikut mengatup. Gerak mengatupnya daun putri malu karena terkena sentuhan. Respon mengatup (seperti layu) akan terjadi dalam waktu singkat sekitar 1-2 detik. Untuk kembali ke posisi semula, tumbuhan putri malu membutuhkan waktu lebih kurang 10 menit. Mekanisme gerak ini juga disebabkan oleh pengaruh perubahan tekanan turgor di dalam sel-sel pada persendian daun.

  1. Termonasti

Termonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsan suhu, seperti mekarnya bunga tulip dan crocus. Bunga-bunga tersebut mekar jika mendadak mengalami kenaikan temperature, dan akan menutup kembali bila temperatur menurun.

 

  1. Haptonasi

Haptonasi merupakan gerak nasti yang terjadi pada tumbuhan insektivora yang disebabkan oleh sentuhan serangga. Daun pada tumbuhan insektivora misalnya Dionaea, sejenis tumbuhan perangkap lalat (Venus”s flytrap) sangat sensitif terhadap sentuhan. Bila ada serangga yang menyentuh bagian dalam daun, daun akan segera menutup sehingga serangga akan terperangkap di antara kedua belahan daun. Contoh lainya adalah menutupnya daun tanaman kantung semar ketika tersentuh serangga kecil. Jika seekor serangga mendarat di permukaan daun, daun akan cepat menutup. Akibatnya, serangga tersebut terperangkap dan tidak dapat keluar.

  1. Nasti Kompleks

Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa factor sekaligus, seperti karbondioksida, pH, temperature, dan kadar kalsium. Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata pada daun.

  1. 2.       Taksis

        Taksis adalah gerak seluruh tubuh atau bagian dari tubuh tumbuhan yang berpindah tempat dan arah perpindahannya dipengaruhi rangsangan. Gerakan yang arahnya mendekati sumber rangsangan disebut sebagai taksis positif dan yang menjauhi sumber rangsangan disebut taksis negatif.

Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, taksis dibedakan menjadi:

1. Fototaksis

Fototaksisadalahgeraktaksis yang disebabkanolehadanyarangsanganberupacahaya.Misalnyaklorofil (zathijaudaun) yang bergerakmenujuarahdatangnyacahaya

2. Kemotaksis

Kemotaksisadalahgeraktaksis yang disebabkanolehrangsanganberupazatkimia.Misalnya spermatozoa yang bergerakmenujuseltelurpadaperistiwapembuahan (metagenesis) tumbuhanlumut (Bryophyta).Seltelur (ovum) mengeluarkanzatkimia (guladan protein) yang dapatmerangsang spermatozoa untukbergerakmendekatinya.

3. Galvanotaksis

Ialahgerakberpindahnyaseluruhatausebagian organ tumbuhankarenaadanyarangsangberupalistrik.Biasanyaterjadipadaorganismetingkatrendah. Contohnyagerakbakteridanparamaeciumkearahkutubpositifdankutubnegatif.

1. Tropisme

Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi arah datangnya rangsangan. Tropisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu trope, yang berarti membelok. Bagian yang bergerak itu misalnya cabang , daun, kuncup bunga atau sulur. Gerak tropisme dapat dibedakan menjadi tropisme positif apabila gerak itu menuju sumber rangsang dan tropisme negatif apabila gerak itu menjauhi sumber rangsang. Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, tropisme dapat dibedakan lagi menjadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, kemotropisme, dan tigmotropisme.

Contoh:

gerakbatangtumbuhankearahcahaya,

gerak akar tumbuhan ke pusat bumi,

gerakakarmenuju air, dan

gerakmembelitnyaujungbatangatausulurpadajenistumbuhanbersulur.

a. Fototropisme

Fototropismeadalahgeraktropismeyang disebabkanolehrangsanganberupacahayamatahari.Fototropismedisebutjugaheliotropisme.Gerakbagiantumbuhan yang menujukearahcahayadisebutfototropismepositif.Misalnyagerakujungbatangtumbuhan yang membelokkearahdatangnyacahaya.Fototropismemerupakanadaptasitumbuhanuntukmengarahkantajuknyakearahcahayamatahari yang sangatpentinguntukberlangsungnya proses fotosintesis.

Selainitu, fototropismeiniberkaitaneratdenganzattumbuh yang terdapatpadaujungtumbuhan yang disebutauksin.Padasisibatang yang terkenacahaya, zattumbuhlebihsedikitdaripadasisibatang yang tidakterkenacahaya.Akibatnya, sisibatang yang terkenacahayamengalamipertumbuhanlebihlambatdaripadasisibatang yang tidakterkenacahayasehinggabatangmembelokkearahcahaya.

b. Geotropisme            

Geotropismeadalahgerakbagiantumbuhankarenapengaruhgravitasibumi (geo = bumi). Geotropismedisebutjugagravitropisme.Jikaarahgeraknyamenujurangsangdisebutgeotropismepositif, misalnyagerakanakarmenujutanah.Jikaarahgeraknyamenjauhirangsangdisebutgeotropismenegatif, misalnyageraktumbuhbatangmenjauhitanah.  

c. Hidrotropisme

            Hidrotropismeadalahgerakbagiantumbuhankarenarangsangan air (hidro = air). Jikagerakanitumendekati air makadisebuthidrotropismepositif.Misalnya, akartanamantumbuhbergerkmenujutempat yang banyakairnyaditanah.Jikatanamantumbuhmenjauhi air disebuthidrotropismenegatif.Misal, gerakpucukbatangtumbuhan yang tumbuhkeatas air.  

 d. Kemotropisme

Kemotropismeadalahgerakbagiantumbuhankarenarangsanganzatkimia.Jikagerakannyamendekatizatkimiatertentudisebutkemotropismepositif.Misalnya, gerakakarmenujuzatdidalamtanah.Jikagerakannyamenjauhizatkimiatertentudisebutkemotropismenegatif, contohnyagerakakarmenjauhiracun.

e. Tigmotropisme

Tigmotropismeadalahgeraktropismeyang disebabkanadanyarangsanganberupasentuhanbenda yang lebihkeras.GerakaninitampakjelaspadagerakmembelitujungbatangataupunujungsulurdariCucurbitaceaedanPassiflora.Misalnyagerakpadatumbuhan yang memilikisulur.Contohtanaman yang bersuluradalahercis, anggur, markisa, semangka, danmentimun.Apabilasulurnyamenyentuhbendakerassepertitonggakkayu, makaakanterjadikontaksehinggasulurakanmelilitkayutersebut. Adanyasentuhanmerangsangsel-seltumbuhdengankecepatan yang berbeda.Pertumbuhansel-selpadadaerah yang bersentuhanlebihlambatdaripadasel-selpadabagianlainnyasehinggamemungkinkansulurdapattumbuhmelilit.Tigmotropismememungkinkantumbuhanmemanjatdenganbantuanobjeklainsebagaipenyanggapadawaktutumbuhkearahcahayamatahari.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: