RESENSI PENGERTIAN TOKSITOLOGI

                                         Judul Buku        : Pencemaran dan Toksitologi logam berat

                                         Nama pengrang : Drs. Heryando Palar

                                         Tahun terbit       : 2005

                                         Nama penerbit   : PT RENIKA CIPTA

                                         Kota terbit         : Jakarta

                                         Tebal buku        : vii-152 halaman

 

Toksitologi berasal dari kata toksik yang berarti racun dan logos yang berarti ilmu. Secara sederhana toksitologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang membahas tentang racun. Pengertian lain yang dikemukakan oleh tentang toksitologi adalah semua substansi yang digunakan, dibuat atau hasil dari suatu farmolasi dan produk sampingan dari indrustri yang masuk kelingkungan dan punya kemampuan untuk menimbulkan pengaruh-pengaruh negative bagi manusia. Sebelum toksitologi berkembang sebagai suatu bidang ilmu khusus, sebetulnya pengetahuan ini telah banyak dipergunakan. Sejak dari pola kehidupan manusia sangat primitif, pengetahuan tentang bahan-bahan yang bersifat toksik telah berkembang.

Dalam dasawarsa terakhir ini toksisitas dari logam berat seperti tembaga,merkuri,cadmium, dan timbul menjadi masalah yang menghebohkan dunia internasional. Banyak kasus keracunan yang ditimbulkan oleh logam berat terjadi diseluruh belahan dunia. Banyak ahli kemudian melakukan penelitian terhadap sumber-sumber dari peristiwa keracunan tersebut. Ternyata buangan industry dan pemanfaatan hasil industry merupakan penyebab utama dari kasus-kasus keracunan tersebut. Kenyataan itu kemudian mengungkapkan secara jelas bahwa masalah-masalah toksitologi tidak dapat dipisahkan dari masalah-masalah lingkungan hidup seperti pencemaran lingkungan.

Keberadaan dari suatu toksikan akan dapat mempengaruhi kerja dari enzim-enzim fisologis tubuh. Toksikan dari logam berat misalnya. Biasanya toksikan ini mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan enzim. Ikatan itu dapat terjadi karena logam berat mempunyai kemampuan untuk menggantikan gugus logam yang berfungsi sebagai co-faktor enzim.  Akibat dari terbentuknya ikatan antar substrat enzim dengan logam berat,adalah tidak berfungsinya enzim sebagai mana mestinya. Akibatnya suatu bentuk reaksi metabolisme akan gagal terjadi. Keadaan itu akan mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan dari system fisiologis. Hal itulah yang kemudian menjadi dasar dari munculnya penyakit-penyakit sebagai manifestasi dari keracunan toksikan.

Buku ini mempelajari tentang racun, jadi buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh orang yang mau mempelajari semua hal. Bahasa yang ada didalam buku ini sulit untuk dipahami, tetapi semua itu bisa tertutupi dengan kelebihannya.

Dalam dasawarsa terakhir ini, toksitologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hal ini terjadi karena semakin banyaknya problematika keracunan yang disebabkan oleh buangan industry,asap kendaraan bermotor,sisa-sisa pestisida,dan lain-lain. Karena itu, perkembangan teknologi dan segala bentuk kemajuannya merupakan salah satu faktor penyokong dari perkembangan toksitologi. Buku ini membahas lebih jauh toksisitas dari logam-logam berat, baik itu dari logam berat esensial atau logam berat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh,maupun logam beracun lainnya seperti merkuri (Hg),timah hitam (Pb),kadmium (Cd) dan khrom (Cr).

 

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: