LOGIKA PROGRAM JAVA ARITMATIKA

LATIHAN2

Ketertangan Program Latihan 2 Aritmatika :

  • public class Latihan2 => Public class Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Karena Java berorientasi objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class Latihan2 merupakan pendeklarasian sebuah class dengan nama Latihan2.
  • “{ “ dan “}”=> Menandakan bahwa semua yang berada dalam tanda tersebut merupakan bagian dari class.
  • public static void main (String args[]) => mendeklrasikan suatu method dengan nama main. Method sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Nama main disini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program. Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini. Public berarti method ini dapat di access dari manapun dari luar class.
  • int v1; => bahwa variabel v1 bertipe data integer yang digunakan sebagai logika pengganti nilai. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment.
  •  int v2; => bahwa variabel v2 bertipe data integer yang digunakan sebagai logika pengganti nilai. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment.
  • int v3; => bahwa variabel v3 bertipe data integer yang digunakan sebagai logika pengganti nilai. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment.
  • int v; => bahwa variabel v bertipe data integer yang digunakan sebagai logika pengganti nilai. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment.
  • v1=70; => Bahwa variabel v1 diberi nilai 70.
  • v2=30; => Bahwa variabel v2 diberi nilai 30.
  • v=v1+v2; => variabel v akan menjumlahkkan variabel v1 (70) dengan variabel v2 (30). Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment.
  • System.out.println(v1+” + “+v2+” = “+v); => Coding system merupakan nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java. Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output. Method ini juga mencetak karakter pindah baris. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai akhir dari suatu statment. Sehingga program akan membaca variabel v1+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v1 yang bernilai 70 kemudian program akan menampilkan sombol +. +v2+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v2 yang bernilai 30 kemudian program akan menampilkan simbol =. +v program akan memanggil hasil perhitungan dari variabel v.
  • v=v1-v2; => variabel v akan mengurangi variabel v1 (70) dengan variabel v2 (30). Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari statment.
  • System.out.println(v1+” – “+v2+” = “+v); => Coding system merupakan nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java. Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output. Method ini juga mencetak karakter pindah baris. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai akhir dari suatu statment. Sehingga program akan membaca variabel v1+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v1 yang bernilai 70 kemudian program akan menampilkan sombol -. +v2+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v2 yang bernilai 30 kemudian program akan menampilkan simbol =. +v program akan memanggil hasil perhitungan dari variabel v.
  • v=v1*v2; => variabel v akan mengalikan variabel v1 (70) dengan variabel v2 (30). Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari statment.
  • System.out.println(v1+” * “+v2+” = “+v); => Coding system merupakan nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java. Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output. Method ini juga mencetak karakter pindah baris. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai akhir dari suatu statment. Sehingga program akan membaca variabel v1+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v1 yang bernilai 70 kemudian program akan menampilkan sombol *. +v2+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v2 yang bernilai 30 kemudian program akan menampilkan simbol =. +v program akan memanggil hasil perhitungan dari variabel v.
  • v=v1/v2; => variabel v akan menghitung hasil bagi variabel v1 (70) dengan variabel v2 (30). Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari statment.
  • System.out.println(v1+” / “+v2+” = “+v); => Coding system merupakan nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java. Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output. Method ini juga mencetak karakter pindah baris. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai akhir dari suatu statment. Sehingga program akan membaca variabel v1+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v1 yang bernilai 70 kemudian program akan menampilkan sombol /. +v2+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v2 yang bernilai 30 kemudian program akan menampilkan simbol =. +v program akan memanggil hasil perhitungan dari variabel v.
  • v=v1%v2; => variabel v akan menghitung sisa hasil bagi variabel v1 (70) dengan variabel v2 (30). Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari statment.
  • System.out.println(v1+” % “+v2+” = “+v); => Coding system merupakan nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java. Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output. Method ini juga mencetak karakter pindah baris. Tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai akhir dari suatu statment. Sehingga program akan membaca variabel v1+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v1 yang bernilai 70 kemudian program akan menampilkan sombol %. +v2+, tanda + digunakan untuk memanggil variabel v2 yang bernilai 30 kemudian program akan menampilkan simbol =. +v program akan memanggil hasil perhitungan dari variabel v.
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: