PROSES MANAJEMEN PROYEK

BAB 3

PROSES MANAJEMEN PROYEK

      Manajemen proyek adalah upaya integratif – tindakan , atau kegagalan untuk mengambil tindakan, di satu daerah biasanya mempengaruhi daerah lain . Misalnya, perubahan lingkup akan mempengaruhi biaya proyek, akan tetapi tidak mempengaruhi semangat tim atau kualitas produknya.

      Interaksi ini membutuhkan hubungan antara tujuan proyek – kinerja proyek. kinerja proyek di suatu daerah dapat ditingkatkan dengan kerjasama oleh negara lain. hubungan kinerja tertentu dapat bervariasi dari satu proyek ke proyek yang lain. Keberhasilan manajemen proyek membutuhkan SDM yang aktif. Banyak praktisi manajemen proyek mengacu pada suatu kendala untuk mengevaluasi tuntutan saing . kendala suatu proyek merupakan salah satu parameter yang dikelola oleh tim proyek. Untuk membantu memahami sifat integratif manajemen proyek perlunya integrasi untuk menjelaskan manajemen proyek dalam hal memproses komponen dan interaksi mereka. Bab ini memberikan pengenalan konsep manajemen proyek sebagai proses yang saling terkait sehingga memberikan landasan penting untuk memahami deskripsi proses manajemen. Berikut pembahasan pada BAB 3 :

3.1Proses Proyek

3.2 Proses Grup

3.3 Proses Interaksi

3.4 Penyesuaian Proses Interaksi

3.5 Pemetaan Proses Manajemen Proyek

3.1  PROSES PROYEK

      Proyek terdiri dari proses. Sebuah proses adalah “serangkaian tindakan yang membawa tentang hasil “(1). Proses proyek yang dilakukan oleh setiap orang dan umumnya terbagi menjadi dua kategori utama :

  • Proses manajemen proyek menggambarkan, mengatur, dan menyelesaikan pekerjaan proyek. Proses manajemen proyek yang berlaku sebagian besar proyek-project dan waktu, dijelaskan secara singkat pada bab ini dan secara rinci pada Bab 4 sampai 12.
  • Proses-berorientasi produk menentukan dan menciptakan produk proyek. Proses manajemen proyek dan proses-berorientasi produk tumpang tindih dan
    berinteraksi sepanjang proyek berjalan. Sebagai contoh, ruang lingkup proyek tidak dapat
    didefinisikan karena tidak adanya beberapa pemahaman dasar tentang bagaimana menciptakan produk.

3.2  KELOMPOK PROSES

Proses manajemen proyek dapat diatur ke dalam lima kelompok yaitu :

  • Memulai proses-otorisasi proyek atau fase.
  • Perencanaan proses-mendefinisikan dan menyempurnakan tujuan yang terbaik dari
    program alternatif untuk mencapai tujuan proyek.
  • Pelaksana proses-koordinasi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melaksanakan
    rencana.
  • Mengontrol proses-memastikan bahwa tujuan proyek terpenuhi dengan pemantauan
    dan mengukur secara teratur untuk mengidentifikasi varians dari rencana sehingga Tindakan dapat diambil bila diperlukan.
  • Menutup proses-meresmikan penerimaan proyek.

      Di antara proses sentral kelompok, perencanaan melaksanakan dengan mendokumentasikan rencana proyek awal, kemudian menyediakan update dokumentasi rencana proyek berlangsung. proses ini diilustrasikan dalam Gambar 3-1. Selain itu, proses manajemen proyek yang tidak terpisah, adalah aktivitas yang terjadi pada tingkat intensitas tumpang tindih suatu proyek. Gambar 3-2 menggambarkan bagaimana proses tumpang tindih dan bervariasi dalam fasenya.

      Akhirnya, interaksi berbagai fase menyediakan masukan untuk memulai ke fase berikutnya. Misalnya, menyelesaikan desain fase membutuhkan penerimaan pelanggan dari dokumen desain. Bersamaan dengan itu, dokumen desain mendefinisikan deskripsi produk untuk pelaksanaan berikutnya. Interaksi ini diilustrasikan dalam Gambar 3-3.
Mengulangi proses pada awal tahap membantu untuk menjaga Proyek agar fokus pada kebutuhan bisnis. Juga membantu memastikan bahwa proyek ini dihentikan jika bisnis tidak perlu lagi ada, atau jika proyek tersebut tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan itu.

      Gambar 3-3 adalah gambar dengan fase diskrit dan proses diskrit, dalam sebuah proyek yang sebenarnya akan ada banyak tumpang tindih. Proses perencanaan, misalnya, tidak hanya harus memberikan rincian pekerjaan yang harus dilakukan untuk membawa fase mencapai kesuksesan proyek, tetapi juga harus memberikan beberapa gambaran awal pekerjaan yang harus dilakukan. Rencana proyek ini sering disebut bergulir yang menunjukkan perencanaan yang berulang-ulang dan proses yang berkelanjutan. Dalam fase proyek umumnya meningkatkan probabilitas kebutuhan pelanggan dan menyadari kepemilikan bersama dari proyek oleh para pemegang kepentingan, yang penting untuk keberhasilan proyek .

      Pekerjaan yang harus dilakukan untuk membawa fase agar proyek sukses harus memberikan beberapa gambaran awal pekerjaan yang dilakukan. Progresif dari rencana proyek ini sering disebut bergulir atau perencanaan gelombang, menunjukkan perencanaan yang berulang-ulang dan proses yang berkelanjutan.

      Stakeholder dalam fase proyek umumnya meningkatkan probabilitas sehingga memuaskan kebutuhan pelanggan dan menyadari bahwa kepemilikan bersama
dari proyek oleh para pemangku kepentingan, untuk keberhasilan proyek .

3.3  INTERAKSI PROSES

      Dalam setiap kelompok proses, proses individu dihubungkan oleh masukan (inputan) dan keluaran (output). Dengan berfokus pada link ini, kita dapat menggambarkan setiap proses sebagai berikut:

  • Input-dokumen atau barang terdokumentasi yang akan ditindaklanjuti.
  • Alat dan teknik-mekanisme diterapkan pada masukan untuk menciptakan output.
  • Output-dokumen atau barang terdokumentasi yang merupakan hasil dari proses.

Proses manajemen proyek umumnya sebagian applikasi area yang dijelaskan secara rinci dalam Bab 4 sampai 12. Bagian 3.4 membahas menyesuaikan baik antara proses dan interaksi.

3.3.1 Memulai Proses

Gambar 3-4 mengilustrasikan proses tunggal dalam kelompok proses.

  • Inisiasi (5.1)-otorisasi proyek atau fase merupakan bagian dari lingkup proyek manajemen.

3.3.2 Proses Perencanaan

      Perencanaan sangat penting untuk sebuah proyek karena proyek melibatkan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Akibatnya, ada proses dalam bagian ini. Namun, jumlah proses tidak berarti bahwa manajemen proyek terutama perencanaan-perencanaan jumlah dilakukan harus sepadan dengan lingkup proyek dan kegunaan dari informasi yang dikembangkan. Perencanaan merupakan upaya berkelanjutan sepanjang hidup proyek.

      Hubungan antara proses perencanaan proyek ditunjukkan pada Gambar 3-5 (tabel ini adalah Proses Perencanaan di Gambar 3-1). Sebagai contoh, Penyelesaian awal unaccept- mampu, sumber daya proyek, biaya, atau bahkan lingkup mungkin perlu didefinisikan ulang. Selain itu, perencanaan bukan ilmu pasti-dua tim yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan- rencana beda untuk proyek yang sama.

      Proses inti. Beberapa proses perencanaan memiliki dependensi yang jelas yang membutuhkan tenaga terampil di dasarkan urutan yang sama pada sebagian besar proyek. Misalnya, kegiatan harus ditetapkan sebelum dijadwalkan atau dihitung biayanya. Proses ini merupakan perencanaan inti mengulangi beberapa kali selama satu fase proyek. Sebagai berikut:

  • Perencanaan Ruang Lingkup ( 5.2 ) – mengembangkan pernyataan tertulis sebagai dasar keputusan proyek masa depan .
  • Lingkup Definition ( 5.3 ) – pengelompokan proyek besar menjadi lebih kecil, sehingga lebih mudah dikelola .
  • Kegiatan Definition ( 6.1 ) – mengidentifikasi kegiatan yang dibentuk untuk menghasilkan berbagai deliverable proyek .
  • Kegiatan Sequencing ( 6.2 ) – mengidentifikasi dan mendokumentasikan interaktivitas.
  • Kegiatan Memperkirakan durasi ( 6,3 ) – memperkirakan jumlah periode kerja
    yang akan dibutuhkan untuk menyelesaikan masing-masing kegiatan .
  • Jadwal Pembangunan ( 6.4 ) – menganalisis urutan aktivitas , durasi aktivitas ,
    dan kebutuhan sumber daya untuk membuat jadwal proyek .
  • Perencanaan Manajemen Risiko ( 11.1 ) – memutuskan bagaimana pendekatan dan merencanakan manajemen risiko dalam suatu proyek .
  • Resource Planning ( 7.1 ) – menentukan sumber daya (orang , peralatan, bahan apa, dll ) dan berapa banyak yang harus digunakan untuk melakukan kegiatan proyek.
  • Cost Estimating ( 7,2 ) – mengembangkan pendekatan ( perkiraan ) dari biaya sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan proyek .
  • Biaya Penganggaran ( 7.3 ) – mengalokasikan estimasi biaya keseluruhan untuk kerja individu.
  • Proyek Rencana Pembangunan ( 4.1 ) – mengambil hasil dari proses perencanaan lain dan menempatkan pendokumenan yang jelas

      Memfasilitasi proses. Interaksi antara proses perencanaan lain tergantung pada sifat proyek. Sebagai contoh, pada beberapa proyek, mungkin ada sedikit atau tidak ada risiko diidentifikasi sampai sebagian besar perencanaan telah dilakukan dan mengakui bahwa target biaya dan jadwal sangat agresif dan dengan demikian melibatkan resiko yang cukup besar. Meskipun proses memfasilitasi dilakukan sebentar-sebentar dan diperlukan selama perencanaan proyek, yang bersifat opsional. termasuk :

  • Kualitas Perencanaan ( 8.1 ) – mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek dan menentukan bagaimana untuk memuaskan mereka.
  • Perencanaan Organisasi ( 9.1 ) – mengidentifikasi , mendokumentasikan , dan menugaskan proyek peran, tanggung jawab , dan hubungan laporan.
  • Staf Akuisisi ( 9.2 ) – mendapatkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dan ditugaskan untuk bekerja pada proyek ini .
  • Komunikasi Perencanaan ( 10.1 ) – menentukan informasi dan komunitas-nications kebutuhan para pemangku kepentingan : yang membutuhkan informasi apa, kapan akan mereka membutuhkannya, dan bagaimana hal itu akan diberikan kepada mereka.
  • Identifikasi Risiko ( 11.2 ) – menentukan risiko yang mungkin mempengaruhi
    proyek dan mendokumentasikan karakteristik masing-masing.
  • Analisis Risiko Kualitatif ( 11.3 ) – melakukan analisis kualitatif risiko dan kondisi untuk memprioritaskan pengaruhnya terhadap tujuan proyek.
  • Analisis Risiko Kuantitatif ( 11.4 ) – mengukur probabilitas dan dampak dari risiko dan memperkirakan implikasinya terhadap tujuan proyek .
  • Respon Perencanaan Risiko ( 11,5 ) – mengembangkan prosedur dan teknik untuk meningkatkan peluang dan mengurangi ancaman terhadap tujuan proyek dari resiko.

  • Perencanaan Pengadaan (12.1) menentukan apa yang harus didapatkan, berapa banyak
    pengadaan, dan kapan.
  • Perencanaan Permohonan (12.2) mendokumentasikan persyaratan produk dan statement dalam mengidentifikai sumber potensial.

3.3.3 Pelaksana Proses

      Proses eksekusi meliputi proses inti dan proses memfasilitasi. Gambar 3-6  menggambarkan bagaimana inti dan proses memfasilitasi berinteraksi:

  • Rencana Pelaksanaan Proyek (4.2)-melaksanakan rencana proyek dengan melakukan kegiatan termasuk didalamnya.
  • Quality Assurance (8.2) mengevaluasi kinerja proyek secara keseluruhan untuk memberikan keyakinan bahwa proyek akan memenuhi mutu yang relevan.
  • Tim Pengembangan (9.3) mengembangkan individu dan kelompok skills/competen-species untuk meningkatkan kinerja proyek.
  • Distribusi Informasi (10.2) pembuatan informasi yang dibutuhkan agar proyek tepat waktu.
  • Permohonan (12.3) mendapatkan kutipan, tawaran atau proposal sebagai permohonan.
  • Sumber Seleksi (12,4)-memilih penjual yang potensial.
  • Administrasi Kontrak (12,5)-mengelola hubungan dengan penjual.

3.3.4 Proses Pengendalian

      Kinerja proyek harus dipantau dan diukur secara teratur untuk mengidentifikasi variabel -ances dari rencana tersebut . Varians yang dimasukkan ke dalam proses kontrol terdapat dalam berbagai bidang pengetahuan . Sejauh varians signifikan yang diamati (yaitu, mereka yang membahayakan tujuan proyek ) , penyesuaian rencana yang dibuat akan mengulangi proses perencanaan proyek yang tepat . Misalnya, terjawab Kegiatan tanggal akan selesai dan mungkin memerlukan penyesuaian rencana kepegawaian saat ini , ketergantungan lembur , atau timbal balik antara anggaran dan tujuan jadwal . mengontrol juga termasuk mengambil tindakan pencegahan untuk mengantisipasi kemungkinan masalah. Kelompok proses pengendalian berisi proses inti dan proses memfasilitasi. Gambar 3-7 menggambarkan bagaimana inti berikut dan proses memfasilitasi berinteraksi :

  • Integrated Change Control ( 4.3 ) – koordinasi perubahan di seluruh proyek .
  • Lingkup Verifikasi ( 5.4 ) – meresmikan penerimaan lingkup proyek .
  • Lingkup Perubahan Control ( 5,5 ) – mengendalikan perubahan lingkup proyek .
  • Jadwal Control ( 6,5 ) – mengendalikan perubahan pada jadwal proyek .
  • Cost Control ( 7,4 ) – mengendalikan perubahan anggaran proyek .
  • Quality Control ( 8,3 ) – hasil pemantauan proyek tertentu untuk menentukan apakah mereka memenuhi standar kualitas yang relevan dan mengidentifikasi cara untuk menghilangkan penyebab kinerja tidak memuaskan .
  • Pelaporan Kinerja ( 10.3 ) – mengumpulkan dan menyebarkan informasi- kinerja
    informasi. Ini termasuk Status pelaporan , pengukuran kemajuan, dan peramalan .
  • Pemantauan dan Pengendalian Risiko ( 11,6 ) – melacak risiko yang teridentifikasi , memantau, pengendalian sisa risiko dan mengidentifikasi risiko baru , memastikan pelaksanaan resiko rencana , dan mengevaluasi efektivitas mereka dalam mengurangi risiko.

3.3.5  Proses penutupan

Gambar 3-8 menggambarkan bagaimana proses inti berikut berinteraksi :

  • Kontrak Obral ( 12,6 ) – penyelesaian dan penyelesaian kontrak , termasuk resolusi dari setiap item terbuka .
  • Administrasi Penutupan ( 10.4 ) yang menghasilkan , mengumpulkan , dan menyebarkan
    Informasi untuk meresmikan fase atau selesainya proyek, termasuk mengevaluasi proyek dan  kompilasi dipelajari untuk digunakan dalam perencanaan proyek-proyek masa depan atau fase.

3.4  Menyesuaikan Interaksi Proces

      Proses dan interaksi dalam Bagian 3.3 memenuhi uji umum accep – dikan – mereka berlaku untuk sebagian besar proyek sebagian besar waktu . Namun , tidak semua proses akan diperlukan pada semua proyek , dan tidak semua interaksi akan berlaku untuk semua proyek . Sebagai contoh:

  • Sebuah organisasi yang membuat ekstensif menggunakan kontraktor secara eksplisit menggambarkan di mana dalam proses perencanaan setiap proses pengadaan terjadi.
  • Tidak adanya proses tidak berarti bahwa hal itu tidak boleh dilakukan . Tim manajemen proyek harus mengidentifikasi dan mengelola semua proses yang diperlukan untuk memastikan proyek yang sukses .
  • Proyek yang bergantung pada sumber daya yang unik ( perangkat lunak komersial berkembang- ment , biopharmaceuticals , dll ) dapat mendefinisikan peran dan tanggung jawab sebelum ruang lingkup definisi , karena apa yang bisa dilakukan mungkin fungsi yang akan tersedia mampu melakukannya .
  • Beberapa keluaran proses mungkin telah ditetapkan sebagai kendala . Misalnya, pengelolaan dapat menentukan target waktu penyelesaian , daripada membiarkan hal itu terjadi menghalangi – ditambang oleh proses perencanaan . Sebuah tanggal penyelesaian yang dipaksakan dapat meningkatkan risiko proyek , menambah biaya , dan kualitas kompromi.
  • Proyek yang lebih besar mungkin perlu relatif lebih detail. Sebagai contoh, risiko identifikasi mungkin dibagi lagi untuk fokus secara terpisah pada identifikasi risiko biaya , risiko jadwal, risiko teknis , dan risiko kualitas.
  • Pada sub-proyek dan proyek-proyek kecil , usaha yang relatif kecil akan dihabiskan untuk proses yang output telah ditetapkan pada tingkat proyek ( misalnya, subkon – traktor dapat mengabaikan resiko secara eksplisit diasumsikan oleh kontraktor utama ) , atau proses yang memberikan hanya utilitas marjinal ( misalnya , mungkin tidak ada com –formal munications berencana untuk proyek empat orang ).

 

3.5  PEMETAAN PROSES MANAJEMEN PROYEK

      Gambar 3-9 mencerminkan pemetaan proses manajemen proyek tiga puluh sembilan untuk lima proyek kelompok proses manajemen memulai, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penutupan dan proyek bidang pengetahuan manajemen sembilan Bab 4 -12.

Diagram ini tidak dimaksudkan untuk menjadi eksklusif, tetapi untuk menunjukkan secara umum di mana proses manajemen proyek masuk ke kedua proses manajemen proyek kelompok dan bidang pengetahuan manajemen proyek.

PROSES MANAJEMEN PROYEK

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: