Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

    Interaksi manusia dan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik  bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensi (eficiency)

     Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem dalam sebuah antarmuka (interface).

     Tanpa disadari manusia telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda, yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard, melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, bahkan tanpa melakukan sentuhan dapat berinteraksi dengan komputer dengan adanya sensor. Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia.

Berikut ini adalah gambaran IMK dalam kehidupan sehari-hari:

Gambar 

 Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer : 

  1. Untuk kehidupan sehari-hari :kendali lalu lintas udara, reaktor nuklir dan pembangkit listrik.
  2. Pemakaian industri dan komersial : perbankan, asuransi, pemesanan barang, pemesanan hotel.
  3. Aplikasi hotel, rumah dan hiburan : video game, email, dan paket pendidikan.
  4. Eksplorasi, kreatif, dan kerjasama : web, pengambilan keputusan bisnis, dan ensiklopedi

  

Contoh Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)

     Pada ATM yang biasa kita gunakan merupakan sebuah Interaksi Manusia dan Komputer.  ATM adalah sebuah alat atau media elektronik yang menyediakan sebuah layanan kepada nasabah-nasabah bank dan mengizinkannya untuk mengambil uang atau mengecek saldo simpanan dari bank-bank tertentu tanpa pelayanan dari seorang “Teller” manusia.
     Banyak ATM juga telah mengizinkan para nasabah bank untuk membeli keperluan hidup melalui tarnsaksi ATM. Artinya ATM tidak hanya melayani nasabah bank untuk menyimpan atau mengambil uang secara otomatis. Seperti banyak ATM yang memberikan kemudahan nasabah untuk mentransfer uang ke sesama bank atau ke bank-bank yang berbeda, membeli pulsa atau perangko, dan lain sebagainya.
     ATM (AutomaticTeller Machine, atau Automated Teller Machine, atau di Indonesia dikenal sebagai Anjungan Tunai Mandiri) sudah bukan merupakan benda asing lagi bagi rakyat negara ini. Penduduk kota maupun desa sudah sangat akrab dengan mesin pencetak uang otomatis ini. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, ATM sudah menyediakan banyak kemudahan bagi semua orang, transaksi apapun dapat dilakukan melalui alat ini, mulai dari penarikan tunai, transfer uang, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM, dan akses ATM juga dapat dilakukan via mobile bahkan internet 

  1. Penggunaan Laser Pada Operasi Medis

     Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan.

  1. Penggunaan smartphone

     SmartPhone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel ( nirkabel, wireless ).

 

  1. Penggunaan Laptop

     Definisi Laptop – Laptop adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil yang cocok untuk digunakan saat bepergian atau untuk penggunaan mobile. Sebuah laptop memiliki sebagian besar komponen yang sama dengan komputer desktop, seperti layar, kyboard, perangkat penunjuk seperti touchpad (juga dikenal sebagai trackpad) dan / atau pointing stick, dan speaker yang menjadi satu kesatuan. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor AC yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Laptop juga kadang-kadang disebut komputer notebook atau notebook. Di zaman modern ini, sebuah laptop modern dapat memiliki webcam dan mic (mikrofon) pra-instal.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer

http://daadiiduu.wordpress.com/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/interaksi-manusia-dan-komputer-4/

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: